Thursday, April 24, 2014

Apa sih itu MANAJEMEN? Apa kegunaan MANAJEMEN?

Post ini ditulis untuk membantu kalian yang ingin meyakinkan diri untuk memilih jurusan MANAJEMEN.
Apa sih Arti Manajemen itu sendiri?

Manajemen adalah suatu proses untuk mencapai tujuan dengan bekerja sama dengan orang-orang dan sumber-sumber daya yang ada didalam organisasi.
Jadi intinya kita berusaha untuk bersama-sama mencapai tujuan sebuah organisasi dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada.

Manajemen sendiri mempunyai 4 fungsi yaitu
1. Fungsi Perencanaan (Planning)
    suatu upaya untuk mengantisipasi kecenderungan dimasa yang akan datang dan menentukan strategi dan taktik yang tepat untuk mencapai target dan tujuan dari organisasi.
2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)
    Proses yang berkaitan dengan bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan tadi didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, siistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.
3. Fungsi Pengarahan
    Proses implementasi program agar dapat dijalankan leh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitasnya tinggi.
4. Fungsi Pengendalian (Controlling)
    Proses yang dilakukan untuk memastikn seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.

Nah kalau di Universitas yang aku masuki, semester empat kita udah bisa memilih konsentrasi manajemen yang ingin kita spesialisasikan
ada 4 yaitu
1. Manajemen Keuangan : kalau manajemen keuangan itu berhubungan dengan keuangan perusahaan bagaimana pembiayaan bisnis diperoleh, dan bagaimana dana tersebut dialokasikan dengan tepat agar perusahaan mencapai profit.

2. Manajemen Pemasaran : mengidentifikasi apa yang dibutuhkan konsumen dan bagaimana cara mewujudkannya.

3. Manajemen Sumber Daya Manusia : untuk memperoleh SDM yang terbaik bagi organisasi dan bagaimana mempertahankan SDM yang terbaik tersebut agar tetap bekerja bersama kita dan pekerjaan yang dilakukan hasilnya tetap terbaik (konstan) dan atau bertambah.

4. Manajemen Operasional : Untuk menciptakan produk yang sesuai dengan standar yang diinginkan konsumen dengan teknik produksi seefisien mungkin mulai dari pemilihan lokasi pabrik sampai pada hasil produk akhir.

Nah jadi Manajemen itu sendiri sangat penting bagi perusahaan karena sebuah perusahaan tidak akan berdiri tanpa adanya organisasi yang terstruktur.
Propek kerja dari Manajemen adalah
1. Pengusaha
2. Manajer
3. Pegawai / Karyawan
4. Teller / CS Bank

Jadi yang mana pilihanmu ? kalau aku sih minimal 2. kalau mas anang gmna? hahahaa

thankyouuuuuuuu :3


No comments:

Post a Comment