Thursday, July 5, 2012

KOREA SELATAN NEGARA TERMAJU DI ASIA SAAT INI

Guys.. pasti beberapa tahun belakangan ini korea selatan sering di perbincangkan di negara kita Indonesia.
Yah,, KOREAN WAVE bahkan di seluruh dunia..

Sekarang sapa sih yang tidak tau Korea Selatan??
Mulai dari Drama, KPOP sampai dengan produk-produk elektroniknya yang meledak di pasaran. bayangkan saja produk Samsung, LG, Hyundai yang berasal dari Korea Selatan telah merebut banyak perhatian dari masyarakat dunia.



Sebenarnya pada Tahun 1950 Korea Selatan merupakan negara termiskin di dunia.. nah kenapa sekarang malah menjadi negara paling maju di Asia?
Dahulu Korea Selatan hanya bergantung pada sektor pertanian belum lagi waktu pendudukan jepang dan peperangan yang terjadi di Korea.

Namun, dalam waktu 4 dekade saja Korea Selatan telah mampu menjadi negara yang dahulunya negara termiskin menjadi salah satu negara paling maju di Asia. Korea juga tercatat sebagai negara yang pertumbuhan ekonominya tercepat sepanjang sejarah dunia.

Yang membuat Korea menjadi negara yang paling maju yaitu

Produk-produk elektroniknya, LG dan Samsung. Di Indonesia LG dan Samsung sudah merajai pasaran. Dari ponsel canggih, televisi plasma, LCD, sampai semikonduktor. LG sendiri sekarang adalah perusahaan pembuat panel plasma terbesar di dunia. Samsung, adalah konglomerat terbesar di dunia, yang hanya kalah oleh General Electric.


Industri pembuatan kapal Korea, Hyundai dan Samsung Heavy Industries, adalah yang terbesar di dunia dan mengalahkan Jepang tahun 2004. Hyundai, juga menjadi perusahaan otomotif ke 5 terbesar di dunia.

Korea juga telah jadi negara termaju di dunia dalam hal infrastruktur teknologi. Sejak tahun 2000, seluruh masyarakat Korea telah menikmati jaringan internet 100 Mbit/detik, siaran televisi interaktif high-definition, teknologi komunikasi 4G. Daebak...!!!  o( >,< )o


“THE KOREAN BIG SECRET!”

Dan bagaimana cara agar bangsa Korea punya kemampuan yang tinggi untuk menyerap sains dan teknologi ? Kuncinya adalah ….

Pembangunan manusia-manusia unggul!
Manusia-manusia unggul yang punya kemampuan tinggi dalam menyerap ilmu dan teknologi. Pembangunan manusia-manusia unggul, lewat pendidikan unggul. Pendidikan terbaik di dunia.

Sejak lama, pemerintah telah berjuang agar anak-anak Korea memiliki nilai matematika dan sains yang tinggi. Tidak dalam ukuran Korea sendiri, tapi dalam skala global. Jadi sistem pendidikan terbaik di dunia harus dibentuk.

Ahli-ahli pendidikan terbaik di dunia, pakar-pakar sains dan teknologi termaju didatangkan untuk membentuk sistem pendidikan Korea. Berbagai usaha dilakukan agar universitas-universitas di Korea bisa sejajar, dengan Harvard dan MIT, terutama dalam advanced science dan technology.

Sejak awal 70-an, walaupun sangat berat, pemerintah telah memberikan lebih dari 20% anggarannya untuk mengakselerasikan proses belajar bangsa itu. Untuk menciptakan generasi super cerdas. Anak-anak Korea juga didorong untuk belajar ke kampus-kampus paling terkemuka dunia, Harvard, Princeton, MIT.

Dan Korea telah berhasil. Tingkat IQ Korea secara nasional adalah yang tertinggi di dunia. Dan anak-anak Korea juga memiliki ranking teratas dalam kemampuan matematika, sains, problem solving, dan membaca dalam peringkat OECD, Organisation for Economic Co-operation and Development.


Credit : duniakorea
via SujuFemm

Shared by HaeRena @KoreanChingu

2 comments: